Tupoksi Bidang

/Tupoksi Bidang
Tupoksi Bidang 2017-07-11T04:58:33+00:00

(1).Sekretariat mempunyai tugas membantu Membantu Kepala Dinas dalam penyusunan rencana program kegiatan Dinas penanaman
modal, pelaksanaan pembinaan administrasi yang meliputi ketatausahaan, keuangan, aset, umum dan kepegawaian.

(2).Dalam melaksanakan tugas, Sekretariat menyelenggarakan fungsi :
a. Pelaksanaan koordinasi penyiapan perumusan kebijakan teknis Dinas penanaman modal;
b. Penyusunan rencana program dan kegiatan Dinas penanaman modal.
c. Pengelolaan urusan keuangan dan asset;
d. Pelaksanaan urusan ketatausahaan, kepegawaian, kerumahtanggaan dan keprotokolan;
e. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan Dinas penanaman modal;
f. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Sekretariat, membawahi :
a.Subbagian Program dan Pelaporan;
b.Subbagian Keuangan;
c.Subbagian Umum dan Kepegawaian.

(1).Subbagian Program mempunyai tugas Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, perencanaan dan penyusunan program,
pengumpulan dan analisis data, evaluasi program dan pelaporan.

Rincian tugas subbagian Program yaitu:

a. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup sub bagian program dan pelaporan;
b. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan koordinasi;
c. Menghimpun dan menganalisa data dalam rangka penyusunan kebijakan, program dan kegiatan;
d. Menyiapkan bahan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan;
e. Menyiapkan laporan secara berkala pelaksanaan program dan kegiatan;
f. Menyiapkan laporan secara berkala pelaksanaan kegiatan sub bagian program dan pelaporan;
g. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(2).Subbagian Keuangan mempunyain tugas Melaksanakan pengelolaan urusan keuangan dan pengelolaan aset.

Rincian tugas subbagian keuangan yaitu:

a. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup sub bagian keuangan;
b. Mengumpulkan/mengolah data keuangan dan asset untuk bahan penyusunan laporan keuangan dan asset;
c. Menyiapkan bahan usulan pengangkatan dan pemberhentian pengelola keuangan dan asset;
d. Menyiapkan bahan penyusunan rencana pengeluaran dan penerimaan anggaran belanja tidak langsung dan belanja langsung;
e. Menyiapkan bahan pembinaan administrasi pengelolaan serta tata usaha keuangan dan asset;
f. Mencatat dan mengklarifikasi laporan hasil pemeriksaan serta penyiapan tindak lanjut;
g. Menyiapkan laporan secara berkala pelaksanaan kegiatan sub bagian keuangan;
h. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(3).Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas Melakukan urusan ketatausahaan, kepegawaian, penggunaan dan pemeliharaan
aset, kerumahtanggaan dan keprotokolan di lingkungan Dinas.

Rincian tugas subbagian keuangan yaitu:

a. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup sub bagian umum dan kepegawaian;
b. Melaksanakan urusan ketatausahaan, persuratan dan kearsipan, administrasi kepegawaian, kerumahtanggaan dan keprotokolan;
c. Melakukan urusan pengadaan dan distribusi barang dan peralatan kantor;
d. Melakukan urusan pemeliharaan perlengkapan dan sarana kantor serta pelayanan rapat;
e. Menyiapkan laporan secara berkala pelaksanaan kegiatan sub bagian umum dan kepegawaian;
f. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas polok dan fungsinya.

(1).Bidang Potensi dan Promosi mempunyai tugas Menyusun, merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis di bidang promosi penanaman modal.
(2).Dalam melaksanakan tugas, Bidang Potensi dan Promosi menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan dan perumusan kebijakan pelaksanaan promosi penanaman modal;
    b. Pelaksanaan kebijakan promosi penanaman modal;
    c. Penyusunan potensi dan peluang investasi;
    d. Pembinaan dan bimbingan promosi penanaman modal tingkat provinsi;
    e. Penyebarluasan informasi potensi dan peluang investasi;
    f. Pelaksanaan koordinasi dan perumusan materi serta pelaksanaan pameran;
    g. Pelaksanaan kajian bahan promosi penanaman modal;
    h. Pelaksanaan pameran di dalam daerah, dalam negeri dan luar negeri;
    i. Fasilitasi pelaksanaan kerjasama bidang promosi penanaman modal;
    j. Penyusunan laporan evaluasi pelaksanaan promosi penanaman modal;
    k. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Bidang Potensi dan Promosi Penanaman Modal, membawahi :

a.Seksi Potensi ;
b.Seksi Pameran dan Sarana Promosi .
c.Seksi Fasilitasi Promosi .

(1).Seksi Potensi mempunyai tugas Menyiapkan bahan potensi dan peluang penanaman modal.

Rincian tugas Seksi Potensi Penanaman Modal yaitu:

  1. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup sub bidang potensi penanaman modal;
    b. Mengidentifikasi potensi dan peluang investasi;
    c. Menyiapkan bahan kajian potensi dan peluang investasi;
    d. Menyiapkan peta potensi dan peluang investasi;
    e. Menyusun laporan evaluasi penyusunan potensi dan peluang investasi secara berkala;
    f. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(2).Seksi Pameran dan Sarana Promosi Penanaman mempunyai tugas Menyiapkan dan menyusun materi/ bahan dan sarana
promosi serta penyebarluasan informasi potensi dan peluang penanaman modal serta mengikuti dan atau menyelenggarakan
pameran.

Rincian tugas Seksi Pameran dan Sarana Promosi Penanaman Modal yaitu:

  1. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup sub bidang pameran dan sarana promosi;
    b. Menyiapkan bahan dan sarana promosi;
    c. Menyusun materi promosi potensi dan peluang investasi dalam bentuk media cetak dan media elektronik;
    d. Menyebarluaskan informasi potensi dan peluang investasi melalui media cetak dan media elektronik;
    e. Mengikuti dan atau menyelenggarakan pameran di bidang penanaman modal;
    f. Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan promosi secara berkala;
    g. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(3).Seksi Fasilitasi Promosi mempunyai tugas Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis dan fasilitasi
pelaksanaan kegiatan promosi penanaman modal.

Rincian tugas Seksi Fasilitasi Promosi Penanaman Modal yaitu:

a.Menyusun rencana kegiatan pada lingkup sub bidang fasilitasi promosi daerah;
b.Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis dalam memfasilitasi kegiatan promosi potensi dan peluang investasi daerah;
c.Melaksanakan pemantauan dan segmentasi minat calon investor potensial;
d.Menyiapkan bahan koordinasi dan fasilitasi promosi potensi dan peluang investasi daerah;
e.Menyiapkan materi kerjasama promosi potensi dan peluang invetasi;
f.Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan fasilitasi promosi secara berkala;
g.Melaksankan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(1).Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu mempunyai tugas Menyusun, merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang pelayanan
penanaman modal Terpadu Satu Pintu.
(2).Dalam melaksanakan tugas, Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu menyelenggarakan fungsi :

a. Penyusunan bahan koordinasi perencanaan dan pelaksanaan pelayanan penanaman modal;
b. Perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pelayanan penanaman modal;
c. Penyusunan kajian dan pengusulan kebijakan di bidang pelayanan penanaman modal;
d. Penetapan standar dan prosedur pelaksanaan kegiatan di bidang pelayanan penanaman modal;
e. Pemberian pelayanan perizinan dan fasilitas penanaman modal;
f. Memfasilitasi persetujuan fiskal;
g. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu, membawahi :
a.Seksi Pelayanan Aplikasi dan Informasi
b.Seksi Pelayanan Perizinan
c.Seksi Fasilitasi Perizinan

(1).Seksi Pelayanan Apliaksi dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis
pelayanan aplikasi dan informasi penanaman modal.

Rincian tugas Pelayanan Aplikasi dan Informasi yaitu:

a. Menyusun rencana kegiatan sub bidang pelayanan aplikasi dan informasi;
b. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis pelayanan aplikasi dan informasi penanaman modal;
c. Menyusun standar operasional pelayanan aplikasi dan informasi penanaman modal;
d. Menyusun bahan/materi informasi perizinan penanaman modal;
e. Menyiapkan bahan sosialisasi kebijakan pelayanan perizinan;
f. Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan pelayanan aplikasi dan informasi penanaman modal secara berkala;
g. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(2).Seksi Pelayanan Perizinan mempunyai tugas Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis pelayanan
perizinan penanaman modal.

Rincian tugas Pelayanan Perizinan Terpadu yaitu;

a. Menyusun rencana kegiatan sub bidang elayanan perizinan;
b. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis pelayanan perizinan penanaman modal;
c. Melakukan verifikasi permohonan dan menyiapkan dokumen perizinan;
d. Memberikan layanan informasi dan layanan pengaduan perizinan;
e. Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan pelayanan perizinan penanaman modal secara berkala;
f. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(3).Seksi Fasilitasi Perizinan mempunyai tugas Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis dan fasilitasi perizinan

Rincian tugas Fasilitasi Perizinan Terpadu yaitu:

a. Menyusun rencana kegiatan sub bidang fasilitasi perizinan;
b. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis pemberian fasilitas penanaman modal;
c. Menyiapkan bahan koordinasi dan fasilitasi perizinan;
d. Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan fasilitasi perizinan secara berkala;
e. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(1).Bidang Pengembangan dan Kerjasama  mempunyai  tugas Menyiapkan bahan, menyusun dan merumuskan kebijakan serta
mengkoordinasikan program pengembangan penanaman modal sertakerjasama dalam dan luar negeri.
(2).Dalam melaksanakan tugas, Bidang Pengembangan Penanaman Modal dan Kerjasama menyelenggarakan fungsi :

a.Perencanaan, penyiapan bahan, perumusan serta pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan penanaman modal serta kerjasama dalam dan luar negeri;
b. Perencanaan kegiatan pembinaan pelaksanaan pengembangan penanaman modal serta kerjasama dalam dan luar negeri;
c. Penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan pengembangan penanaman modal serta kerjasama dalam dan luar negeri;
d. Penyiapan dan penyusunan data dalam rangka program kerjasama dalam dan luar negeri;
e. Penyiapan dan penyusunan data dalam rangka program pengembangan penanaman modal;
f. Penyiapan dan penyusunan naskah perjanjian kerjasama dalam dan luar negeri sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
g. Pelaksanaan fasilitasi kerjasama dalam dan luar negeri;
h. Penyusunan laporan dan evaluasi tentang pelaksanaan kebijakan pengembangan penanaman modal serta kerjasama dalam dan luar negeri;
i. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

Bidang Pengembangan Penanaman Modal dan Kerjasama, membawahi :

a.Seksi Pemberdayaan Usaha dan Investasi;
b.Seksi Fasilitasi Kerjasama Antar Dunia Usaha.
c.Seksi Kerjasama Antar pemerintah.

(1).Seksi Pemberdayaan Usaha dan Investasi mempunyai tugas Menyiapkan dan menyusun bahan kebijakan teknis dalam rangka
pemberdayaan usaha dan investasi.

Rincian tugas Seksi Pemberdayaan Usaha dan Investasi yaitu:

  1. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup seksi pemberdayaan usaha dan investasi;
    b. Menyiapkan dan menganalisa data usaha kecil menengah dan usaha besar;
    c. Mengidentifikasi Usaha Kecil Menengah dan Usaha Besar yang potensial dan siap untuk dimitrakan;
    d. Menyusun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis tentang pemberdayaan dan kemitraan usaha kecil dan menengah yang
    potensial untuk bermitra;
    e. Melaksanakan pembinaan pengembangan usaha dan kemitraan kepada Usaha Kecil dan Menengah yang potensial untuk bermitra;
    f. Menyiapkan langkah koordinasi dalam rangka pemberdayaan usaha dan investasi;
    g. Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan pemberdayaan usaha dan investasi secara berkala;
    h. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(2).Seksi Fasilitasi Kerjasama Antar Dunia Usaha mempunyai tugas Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis dan
pelaksanaan fasilitasi kerjasama antara Pelaku Usaha.

Rincian tugas Seksi Fasilitasi Kerjasama Antar Dunia Usaha yaitu:

  1. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup seksi fasilitasi kerjasama antar dunia usaha;
    b. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis dalam memfasilitasi kerjasamaantar dunia usaha;
    c. Menyiapkan bahan koordinasi dan fasilitasi kerjasama antar dunia usaha;
    d. Menyiapkan materi kerjasama dan fasilitasiantar dunia usaha;
    e. Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan fasilitasi kerjasama antar dunia usaha secara berkala;
    f. Melaksankan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(3).Seksi Kerjasama Antar Pemerintah Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis dan pelaksanaan fasilitasi kerjasama
antara Pemerintah serta Pihak Swasta.

Rincian tugas Seksi Kerjasama Antar Pemerintah yaitu:

a. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup seksi fasilitasi kerjasama antar Pemerintah;
b. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis dalam memfasilitasi kerjasama antara Pemerintah serta Pihak Swasta;
c. Menyiapkan bahan koordinasi dan fasilitasi kerjasamaantara Pemerintah serta Pihak Swasta;
d. Menyiapkan materi kerjasama dan fasilitasiantara Pemerintah serta Pihak Swasta;
e. Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan fasilitasi kerjasama antara Pemerintah serta Pihak Swasta secara berkala;
f. Melaksankan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(1).Bidang Pengendalian Penanaman Modal mempunyai tugas Menyiapkan dan menyusun bahan, melaksanakan dan mengevaluasi
kebijakan di bidang pengendalian pelaksanaan penanaman modal.
(2).Dalam melaksanakan tugas, Bidang Pengendalian Penanaman Modal menyelenggarakan fungsi

a.Penyusunan bahan kebijakan pelaksanaan pengendalian penanaman modal;
b. Penyusunan rencana kebutuhan investasi sesuai dengan target yang ditetapkan;
c. Pelaksanaan kebijakan pengendalian penanaman modal;
d. Pelaksanaan pemantauan, pembinaan, bimbingan dan pengawasan pengendalian penanaman modal;
e. Pelaksanaan koordinasi dalam pengendalian dan penyelesaian masalah penanaman modal;
f. Pendataan penanam modal;
g. Pelaksanaan analisis dan evaluasi data penanaman modal;
h. Penyusunan laporan evaluasi pelaksanaan pengendalian penanaman modal.

Bidang Pengendalian Penanaman Modal, membawahi :
a.Seksi Pendataan Penanaman Modal;
b.Seksi Pembinaan dan Pengawasan Penanaman Modal.
C.Seksi Evaluasi dan Pelaporan.

(1).Seksi Pendataan Penanaman Modal mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pendataan penamanan modal.

Rincian tugas Seksi Pendataan Penanaman Modal yaitu:

  1. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup seksi pendataan penanaman modal;
    b. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis pendataan penanaman modal;
    c. Menyiapkan bahan untuk pengumpulan dan pengolahan data pelaksanaan penanaman modal;
    d. Menghimpun dan mengidentifikasi data-data pelaksanaan penanaman modal;
    e. Melakukan koordinasi dengan bidang terkait untuk pengumpulan data pelaksanaan penanaman modal;
    f. Menyiapkan hasil identifikasi data penanaman modal sesuai dengan ketentuan;
    g. Menyusun laporan pelaksanaan pendataan penanaman modal secara berkala;
    h. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(2).Seksi Pembinaan dan Pengawasan Penanaman Modal mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan untuk pengawasan dan evaluasi
pelaksanaan

Rincian tugas Seksi Pembinaan dan Pengawasan Penanaman Modal yaitu:

  1. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup seksi pembinaan dan pengawasan penanaman modal;
    b. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis pembinaan dan pengawasan penanaman modal;
    c. Menyiapkan bahan untuk pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penanaman modal;
    d. Menyusun pedoman teknis operasional pembinaan dan pengawasan penanaman modal;
    e. Menyiapkan bahan koordinasi operasional pembinaan dan pengawasan penanaman modal dengan Pemerintah dan Pemerintah Kabupaten/Kota;
    f. Melaksanakan pemantauan dan bimbingan terhadap pelaksanaan penanaman modal;
    g. Melakukan analisa terhadap hasil pembinaan dan pengawasan penanaman modal sesuai dengan tata cara pengawasan pelaksanaan penanaman modal;
    h. Menyiapkan kajian kebijakan teknis terhadap hasil pelaksanaan pembinaan dan pengawasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi penanaman modal;
    i. Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penanaman modal secara berkala;
    j. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

(3).Seksi Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas Menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan.

Rincian tugas Seksi Evaluasi dan Pelaporan yaitu:

a. Menyusun rencana kegiatan pada lingkup seksi evaluasi dan pelaporan;
b. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis evaluasi dan pelaporan penanaman modal;
c. Menyiapkan bahan dan data untuk menentukan rencana kebutuhan investasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan;
d. Melakukan pengolahan data hasil identifikasi data penanaman modal;
e. Melalukan analisis dan evaluasi data penanaman modal;
f. Melakukan koordinasi lintas sektor terkait;
g. Menyajikan hasil analisis dan evaluasi data penanaman modal;
h. Menyusun laporan pelaksanaan evaluasi dan pelaporan secara berkala;
i. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.